Profesi Akuntansi

Profesi Akuntansi - Berikut ini kita akan membahas materi tentang profesi akuntansi. Mengapa? Karena profesi akuntansi ini terkait dengan bidang-bidang akuntansi.


Akuntan merupakan profesi bagi orang-orang yang telah memenuhi syarat tertentu dalam bidang akuntansi. Untuk menjadi akuntan diperlukan beberapa persyaratan, antara lain, memiliki ijazah kesarjanaan dari fakultas ekonomi jurusan akuntansi, baik dari universitas maupun sekolah tinggi, serta memperoleh sertifikasi dari ikatan profesi akuntan. Di Indonesia, ikatan profesi akuntan bernama ikatan akuntan Indonesia (IAI).


Profesi akuntan terdiri atas akuntan perusahaan, akuntan publik, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik. Apakah tugas masing-masing akuntan tersebut? Pelajari materi berikut.


1. Akuntansi Perusahaan ( Private Accounting )
Akuntan perusahaan ialah akuntan yang diperkerjakan oleh perusahaan (sebagai karyawan perusahaan) untuk menjalankan fungsi akuntansi pada perusahaan yang bersangkutan.
Tugas akuntan perusahaan, antara lain:
a. menyusun sistem akuntansi,
b. menyusun laporan akuntansi untuk manajemen dan pihak luar perusahaan,
c. anggaran perusahaan,
d. mengenai masalah perpajakan,
e. melakukan pemeriksaan intern.


2. Akuntansi Publik ( Public Accounting )


Profesi Akuntansi


Akuntansi publik ialah akuntan yang bekerja secara independen untuk menjalankan fungsi pemeriksaan terhadap kebenaran laporan keuangan dan proses akuntansi yang dijalankan perusahaan.

Akuntan publik mendapat bayaran dari hasil pekerjaannya, tetapi akuntan public bukan karyawan perusahaan atau instansi yang pembukuannya diperiksa. Mereka hanya memberikan pendapat atau pernyataan terhadap laporan keuangan yang disusun oleh perusahaan. Pendapat para akuntan publik akan menunjukkan derajat ketaatan perusahaan dalam menjalankan proses akuntansi dan menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan (SAK). Dalam menjalankan tugasnya, para akuntan public terikat oleh kode etik yang dirumuskan oleh IAI.


3. Akuntansi Pendidikan ( Instruction Accounting )
Akuntan pendidik ialah akuntan yang menyebarluaskan ilmu akuntansi kepada masyarakat melalui jalur pendidikan. Akuntan pendidik mempunyai tugas sebagai berikut.
a. Menyusun kurikulum pendidikan akuntansi
b. Mengajar akuntansi untuk semua jenjang pendidikan
c. Melakukan penelitian untuk mengembangkan bidang ilmu akuntansi sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi. Setelah mempelajari tentang akuntansi dan informasi, kita akan mempelajari tentang struktur dasar akuntansi.







4. Etika Profesi Akuntan

Para akuntan publik memiliki kode etik sebagai pedoman dalam akhir menjalankan praktik profesional akuntan. Pedoman tersebut terakhir dikodifikasi dalam buku “Standar Profesional Akuntan Publik per 1 Januari 2001”. Sebelumnya, pedoman tersebut bernama “Norma pemeriksaan akuntan”.

0 Response to "Profesi Akuntansi"

Poskan Komentar