Neraca Saldo dan Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Neraca Saldo dan Neraca Lajur Perusahaan Dagang - Langsung saja kita bahas berdasar materi berikut.


Neraca Saldo (Trial Balance)

Berdasarkan Bagan 1.1 tentang siklus akuntansi, langkah selanjutnya setelah dilakukan posting ke dalam buku besar, yaitu menyusun neraca saldo. Neraca saldo adalah daftar saldo setiap akun yang ada dalam buku besar pada suatu waktu tertentu. Fungsi neraca saldo, di antaranya untuk membuktikan keseim bangan jumlah debet dan kredit serta menguji kebenarannya.

Selain itu, neraca saldo berguna untuk melihat posisi aktiva, kewajiban, dan modal setelah posting ke buku besar dari setiap akun yang ada dalam sebuah perusahaan. Berdasarkan saldo-saldo buku besar Perusahaan Abadi Jaya, dapat disusun neraca saldo sebagai berikut.

Contoh Neraca Saldo (Trial Balance)




Neraca Lajur (Work Sheet)

Neraca lajur merupakan alat yang digunakan untuk me ngum pul kan data akuntansi serta mengikhtisarkan ayat jurnal penye suaian dan saldo akun untuk menyusun laporan keuangan. Neraca lajur bukan bagian dari jurnal, buku besar, atau laporan keuangan. Neraca lajur hanya sebagai alat untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam buku Membuka Cakrawala Ekonomi untuk Kelas XI, bahwa neraca lajur dapat disusun dalam bentuk 6 kolom, 8 kolom, 10 kolom, dan 12 kolom.

Neraca Lajur (Work Sheet) 6 kolom


Neraca Lajur (Work Sheet) 12 kolom

Kolom-kolom yang ada dalam neraca saldo, di antaranya sebagai berikut.
a. Neraca Saldo
Neraca saldo terdiri atas kolom debet dan kredit. Kolom neraca saldo berisi nilai setiap akun pada akhir periode akuntansi (biasanya pada 31 Desember) yang dapat dilihat pada buku besar setiap akun.
b. Penyesuaian
Kolom penyesuaian terdiri atas kolom debet dan kredit. Penyesuaian dilakukan untuk menggambarkan ketepatan besarnya nilai setiap akun.
c. Neraca Saldo Disesuaikan
Neraca saldo disesuaikan disusun dengan cara meng gabungkan angka pada neraca saldo dan penyesuaian.
d. Laporan Laba/Rugi
Kolom laba/rugi berisi angka-angka yang termasuk akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban dari neraca saldo disesuaikan.
e. Neraca
Kolom neraca berisi angka-angka semua akun riil, yaitu aktiva, kewajiban, dan modal dari neraca saldo disesuaikan.

0 Response to "Neraca Saldo dan Neraca Lajur Perusahaan Dagang"

Poskan Komentar