Sejarah Munculnya Akuntansi

Sejarah Munculnya Akuntansi - Adalah langsung saja kita bahsa. Sebelum Anda mempelajari siklus akuntansi perusahaan jasa secara keseluruhan, Anda akan diajak mene lusuri sejarah mun culnya akuntansi. Apakah Anda sudah mengetahui sejarah munculnya akuntansi?

Akuntansi merupakan hasil dari masa Renaissance Italia yang dikemukakan oleh Luca Pacioli. Namun, sejak 4.000 tahun yang lalu, catatan-catatan atas transaksi keuangan telah ada di beberapa negara, seperti di Mesopotamia, Mesir, India, dan Timur Tengah. Italia merupakan penerima akumulasi kebijakan-kebijakan akuntansi dari negara-negara tersebut.

Sejarah Munculnya Akuntansi


Selanjutnya, pada abad ke-13 dan ke-14, di beberapa pusat perniagaan Italia bagian utara muncul sistem tata buku ber pa sangan (double entry bookkeeping). Sejak itulah muncul istilah akuntansi, seperti debet, kredit, ayat jurnal, buku besar, neraca saldo, neraca, akun, dan laporan keuangan laba/rugi.


Pada akhir abad ke-19, perubahan telah membentuk sistem akuntansi menjadi suatu bentuk yang lebih sesuai dengan kebutuh an perusahaan atau korporasi industri besar, di antaranya ditandai dengan hal-hal berikut.
a. Bentuk-bentuk awal perusahaan telah diciptakan dan di beda kan
dari pemiliknya.
b. Saham-saham dalam perusahaan telah diciptakan.
c. Ada perbedaan antara modal dan pendapatan.
d. Konsep kelangsungan usaha (going concern) mulai digunakan.
e. Adanya bursa saham efektif.
f. Tumbuhnya industri dan perdagangan.



Sekian mengenai Sejarah Munculnya Akuntansi dari Akuntansis, semoga ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Terimakasih

0 Response to "Sejarah Munculnya Akuntansi"

Poskan Komentar