Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi – Adalah Apabila kalian menjumpai perusahaan-perusahaan baik yang berskala kecil maupun besar, apa yang dapat kalian temukan di sana? Tentu ada berbagai kegiatan produksi bukan? Selain kegiatan produksi, kalian tentunya ingat tujuan perusahaan yang utama, yaitu memperoleh keuntungan. Pemilik perusahaan pastinya ingin mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian serta keadaan keuangan perusahaan. Untuk mengetahui besarnya keuntungan yang diperoleh dilakukan dengan membandingkan biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan penghasilan yang diperoleh. Informasi dapat diperoleh dari sistem informasi akuntansi.


Perusahaan yang ruang lingkupnya masih kecil dan kegiatan usahanya belum begitu kompleks, maka informasi-informasi mengenai keuangan perusahaan akan mudah diperoleh dengan mengandalkan daya ingat. Tetapi apabila ruang lingkup perusahaan sudah besar dan kegiatannya semakin kompleks maka daya ingat sudah tidak mampu menampung lagi berbagai informasi tersebut. Oleh karena itu, perlu pencatatan-pencatatan yang biasa dikenal dengan istilah akuntansi.


Pengertian Akuntansi



Pengertian Akuntansi

Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris yaitu to account, artinya memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan dari pengelola perusahaan kepada pemilik perusahaan atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk menjalankan kegiatan perusahaan. Definisi akuntansi menurut American Accounting Association adalah “... proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut”.

Akuntansi sering disebut juga sebagai bahasa bisnis. Semakin baik memahami bahasa tersebut, maka akan semakin baik pula dalam mengelola aspek-aspek keuangan di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena banyaknya aspek sehari-hari yang didasarkan pada akuntansi, misalnya perencanaan keuangan pribadi, pinjaman, dan lain-lain.

Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan akuntansi yang utama adalah menyajikan informasi ekonomi suatu perusahaan. Informasi ekonomi tersebut berguna bagi pihak-pihak dalam perusahaan maupun bagi pihak-pihak di luar perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus menetapkan suatu pencatatan, penggolongan, analisis, dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan, kemudian melaporkan hasilnya.



Sekian mengenai Pengertian Akuntansi, semoga ini dapat menambah pengetahuan kita terhadap akuntansi.

0 Response to "Pengertian Akuntansi"

Poskan Komentar