Alasan Harga Pokok Produksi Per Satuan Berfluktuasi

Alasan Harga Pokok Produksi Per Satuan Dimungkinkan Berfluktuasi - Adalah Apabila biaya overhead pabrik yang sesungguhnya terjadi dibebankan kepada produk, maka harga pokok produksi per satuan dimungkinkan berfuktuasi dengan berbagai alasan berikut : 

a. Perubahan tingkat kegiatan produksi dari bulan ke bulan dimana di antara biaya overhead pabrik ada yang bersifat tetap dalam kisaran perubahan kegiatan produksi tertentu, maka perubahan volume produksi dari bulan ke bulan akan mempunyai dampak terhadap perhitungan harga pokok produksi per satuan, jika biaya overhead pabrik sesungguhnya dibebankan kepada produk. Produk yang dihasilkan pada bulan yang volume produksinya rendah akan dibebani biaya overhead pabrik tetap per satuan yang tinggi, sedangkan produk yang dihasilkan pada bulan yang volume produksinya tinggi akan dibebani dengan biaya overhead pabrik tetap per satuan yang rendah.

Alasan Harga Pokok Produksi Per Satuan Berfluktuasi


b. Perubahan tingkat efisiensi produksi dimana dalam bulan tertentu seperti tidak adanya pengawasan yang baik terhadap kegiatan produksi maka terjadi kenaikan jumlah bahan penolong yang dipakai dan kelebihan pembayaran upah tenaga kerja tidak langsung yang sebagai akibatnya akan mengakibatkan kenaikan harga pokok produksi per satuan.

Sebelumnya mengenai Penggolongan Biaya Overhead Pabrik ini dapat menambah pengetahuan anda

c. Adanya biaya overhead pabrik yang terjadinya secara sporadik, menyebar tidak merata selama jangka waktu setahun dimana dalam bulan tertentu seringkali hanya terjadi dua atau tiga kali kerusakan mesin yang menelan biaya perbaikan yang besar. Apabila pesanan harus dibebani dengan biaya overhead pabrik yang sesungguhnya, maka pesanan yang dikerjakan pada saat jumlah reparasi mesin sedikit akan menerima beban biaya overhead pabrik yang relatif kecil, sedangkan pesanan yang sedang dikerjakan pada saat terjadi reparasi mesin besar-besaran, akan menerima beban biaya overhead pabrik yang besar pula. Adanya biaya overhead pabrik yang bersifat sporadik ini menyebabkan penggunaan biaya overhead pabrik sesungguhnya akan menimbulkan ketidakadilan pembebanan biaya tersebut kepada produk. 

d. Biaya overhead pabrik tertentu sering terjadi secara teratur pada waktu-waktu tertentu umumnya pada bulan terjadinya pembayaran pajak bumi dan bangunan seperti yang dibayar pada bulan Agustus setiap tahun. Biaya overhead pabrik yang dibebankan kepada produk menjadi lebih besar bila dibandingkan dengan bulan-bulan lain yang tidak terjadi pembayaran pajak tersebut. Contoh lain adalah: tunjangan hari raya karyawan dan pakaian dinas yang diberikan dua kali setahun kepada karyawan. 

0 Response to "Alasan Harga Pokok Produksi Per Satuan Berfluktuasi"

Posting Komentar