Pengertian dan Karakteristik Produk Bersama

Pengertian dan Karakteristik Produk Bersama - Produk adalah semua output yang memiliki nilai jual positif (atau sebuah output yang memungkinkan organisasi menghindari biaya-biaya yang terjadi). Produk bersama (joint products) adalah adalah semua produk yang memiliki nilai jual tinggi tapi tidak bisa diidentifikasi secara terpisah sebagai produk individual sampai ke splitt off point (titik pemisahan). Ketika satu proses tunggal menghasilkan dua atau lebih produk dan hanya menghasilkan satu produk yang memiliki nilai jual yang relatif tinggi, maka produk itu disebut produk utama (main product).

Produk lain yang nilai jualnya relatif rendah dibandingkan dengan produk utama disebut produk sampingan (by product). Sedangkan apabila terdapat produk denga nilai jual yang sangat rendah, maka disebut sisa bahan (scrap). Klasifikasi ni berubah tiap saat terutama untuk produk-produk yang harga pasarnya bisa naik atau turun sebesar kurang lebih 30% di tiap tahun.


Pengertian dan Karakteristik Produk Bersama



Contoh produk yang dihasilkan dari suatu proses bersama yaitu penyulingan minyak bumi yang pada titik split off point bisa diidentifikasi produk bersama seperti minyak mentah, minyak tanah, solar, bensin, LPG mentah, dan seterusnya. Di samping istilah produk bersama terdapat pula produk yang dinamakan dengan produk sekutu (co-product) yaitu dua atau lebih produk yang diproduksi pada waktu yang bersamaan, tetapi tidak dari kegiatan pengolahan yang sama atau tidak berasal dari bahan baku yang sama. Dalam perusahaan penggergajian kayu misalnya, pada saat sama dari proses penggergajian dihasilkan papan dengan mutu nomor 1, nomor 2, dan sebagainya, tetapi dari batang kayu yang bebeda. 


Karakteristik Produk Bersama, Produk Sekutu, dan Produk Sampingan 
Produk bersama dan produk sekutu memiliki karakteristik sebagai berikut : 
1. Produk bersama dan produk sekutu merupakan tujuan utama kegiatan produksi 
2. Harga jual produk bersama atau produk sekutu relatif tinggi bila dibandingkan dengan produk sampingan yang dihasilkan pada saat yang sama. 
3. Dalam mengolah produk bersama tertentu, produsen tidak dapat menghindarkan diri untuk menghasilkan semua jenis produk bersama, jika ia ingin memproduksi hanya salah satu diantara produk bersama tersebut. 


Sebelumnya mengenai Akuntansi Produk Sampingan ini dapat menambah pengetahuan anda


Produk sampingan dapat digolongkan sesuai dengan dapat atau tidaknya produk tersebut dijual pada saat terpisah dari produk utama yaitu : 
1. Produk sampingan yang dapat dijual setelah terpisah dari produk utama tanpa memerlukan pengolahan lebih lanjut 
2. Produk sampingan yang tidak dapat dijual setelah terpisah dari produk utama dan memerlukan pengolahan lebih lanjut. Contoh produk ini adalah produk seperti bulu ayam yang dihasilkan dari proses penyembelihan ayam. 

0 Response to "Pengertian dan Karakteristik Produk Bersama"

Posting Komentar