Konsep Akuntansi Biaya

Konsep Akuntansi Biaya  - Konsep akuntansi biaya digunakan dengan tujuan sebagai pedoman di dalam penyusunan laporan biaya. Ada beberapa konsep yang sering digunakan, bebrapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Harga perolehan atau harga pokok atau expenses yaitu adanya sejumlah uang yang dapat diukur dalam satuan uang dalam bentuk : 
o Kas yang dikeluarkan atau dibayarkan 
o Nilai aktiva yang digunakan 
o Nilai jasa yang digunakan 
o Utang yang timbul 
o Tambahan modal

Konsep Akuntansi Biaya



Yang semuanya dalam rangka pemilikan barang atau jasa yang digunakan dalam proses produksi baik dimasa lalu maupun dimasa kini (harga perolehan yang telah terjadi dan yang akan terjadi) 

2. Biaya atau cost yaitu harga perolehan yang digunakan untuk memperoleh pendapatan (revenue) sehingga akan mengurangi penghasilan . Biaya akan digolongkan dalam harga pokok penjualan, biaya penjualan, biaya administrasi dan umum, biaya bungan dan biaya pajak. 

Sebelumnya mengenai Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli ini mungkin dapat membantu


3. Penghasilan atau revenues adalah penghasilan dalam bentuk jumlah yang dapat diukur dalam satuan uang dalam bentuk 
o Kas yang diterima 
o Piutang yang timbul 
o Nilai aktiva lain yang diterima 
o Nilai jasa yang diterima 
o Pengurangan utang dan pengurangan modal 
Yang semuanya dalam rangka penjualan barang dagangan baik bentuk barang maupun jasa. 

4. Rugi dan laba atau profit & loss adalah hasil dari proses membandingkan antara semua penghasilan dengan semua biaya dalam suatu periode akuntansi yang sama denghan criteria jika penghasilan lebih besar dari biaya maka selisihnya adalah laba bersih demikian sebaliknya jika penghasilan lebih kecil dari semuabiaya makan selisihnya dalah rugi bersih 

5. Rugi atau losses adalah konsep lain dalam rugi yaitu berkurangnya aktiva atau kekayaan perusahaan yang bukan disebabkan karena pengambilan modal oleh pemilik namun tidak ada manfaat yang diperoleh dari berkurangnya aktiva tersebut. 

Bagaimana mengenai Konsep Akuntansi Biaya ini, apa yang telah dipaparkan diatas semoga dapat berguna, serta dapat membantu kita semua yang membutuhkan informasi ini.

0 Response to "Konsep Akuntansi Biaya"

Posting Komentar