Cara Pencatatan Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong Dalam Produksi

Cara Pencatatan Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong Dalam Produksi - Adalah mari kita bahas bersama sama dengan materi dibawah ini:


Untuk dapat mencatat bahan baku yang digunakan dalam tiap pesanan, perusahaan menggunakan dokumen yang disebut bukti permintaan dan pengeluaran barang gudang. Dokumen ini diisi oleh Bagian Produksi dan diserahkan kepada Bagian Gudang untuk meminta bahan yang diperlukan oleh Bagian Produksi. Bagian Gudang akan mengisi jumlah bahan yang diserahkan kepada Bagian Produksi pada dokumen tersebut, dan kemudian dokumen ini dipakai sebagai dokumen sumber untuk dasar pencatatan pemakaian bahan. Untuk memproses pesanan #101 dan 102, bahan baku yang digunakan adalah sebagai berikut:

Cara Pencatatan Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong Dalam Produksi


Pencatatan pemakaian bahan baku dalam metode harga pokok pesanan dilakukan dengan mendebit rekening Barang Dalam Proses dan mengkredit rekening Persediaan Bahan Baku atas dasar dokumen bukti permintaan dan pengeluaran barang gudang. Pendebitan rekening Barang Dalam Proses ini diikuti dengan pencatatan rincian bahan baku yang dipakai dalam kartu harga pokok pesanan yang bersangkutan.( Gambar 4.5 dan Gambar 4.6).

Pencatatan Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong Dalam Produksi

Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong Dalam Produksi


Jurnal untuk mencatat pemakaian bahan baku tersebut di atas adalah sebagai berikut:


Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong


Karena dalam metode harga pokok pesanan harus dipisahkan antara biaya produksi langsung dari biaya produksi tidak langsung, maka bahan penolong yang merupakan unsur biaya produksi tidak langsung dicatat pemakaiannya dengan mendebit rekening kontrol Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya. Rekening Barang Dalam Proses hanya didebit untuk mencatat pembebanan biaya overhead pabrik berdasarkan tarif yang ditentukan di muka. 
Jurnal pencatatan pemakaian bahan penolong adalah sebagai berikut:

Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong



Inilah materi mengenai Cara Pencatatan Pemakaian bahan baku dan penolong dalam produksi, semoga apa yang ada didalam materi bisa bermanfaat bagi semua.

0 Response to "Cara Pencatatan Pemakaian Bahan Baku Dan Penolong Dalam Produksi"

Posting Komentar