Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif

Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif – Adalah Tarif biaya overhead pabrik yang telah ditentukan di muka kemudian digunakan untuk membebankan biaya overhead pabrik kepada produk yang diproduksi. Jika perusahaan menggunakan metode full costing di dalam penentuan harga pokok produksinya, produk akan dibebani biaya overhead pabrik dengan menggunakan tarif biaya overhead pabrik variabel dan tarif biaya overhead tetap.

Jika perusahaan menggunakan metode variable costing di dalam penentuan harga pokok produksinya, produk akan dibebani biaya overhead pabrik dengan menggunakan tarif biaya overhead pabrik variabel saja. Dalam pembebanan biaya overhead pabrik dengan metode full costing dapat dilustrasikan dengan contoh sebagai berikut :

Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif

Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif 1


Setelah tarif biaya overhead pabrik ditentukan sebesar Rpl40 per jam mesin, maka produk yang diproduksi sesungguhnya dibebani dengan biaya overhead pabrik dengan menggunakan tarif tersebut. Selanjutnya jika dari ilustrasi pada tabel 1 PT Hasna Sejahterai menerima 100 macam pesanan dan menghabiskan waktu pengerjaan sebanyak 75.000 jam mesin dalam tahun 2008 maka biaya overhead pabrik yang dibebankan kepada produk adalah sebesar Rp10.500.000 yang didapat dari Rp140 x 75.000 jam mesin dan dicatat dengan jurnal sebagai berikut:

Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif 2


Pada pembebanan biaya overhead pabrik kepada produk dalam metode variable costing dari ilustrasi pada Tabel 6.1 maka biaya overhead pabrik yang dibebankan kepada produk adalah sebesar Rp5.437.500 (Rp72,50 x 75.000 jam mesin) dan dicatat dengan jurnal sebagai berikut:

Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif 3


Dalam metode variable costing, biaya overhead pabrik tetap tidak diperhitungkan sebagai unsur biaya produksi, sehingga tidak diperhitungkan sebagai unsur harga pokok persediaan produk jadi maupun persediaan produk dalam proses. Biaya overhead pabrik tetap diperhitungkan sebagai biaya periode dan langsung digunakan untuk mengurangi pendapatan penjualan dalam periode yang bersangkutan.

Sebelumnya mengenai Cara Penentuan Tarif Biaya Overhead Pabrik ini dapat menambah pengetahuan anda


Seperti itulah materi singkat mengenai Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif, semoga apa yang dipaparkan pada materi diatas dapat berguna bagi semua yang membutuhkan informasi ini. Terimakasih semuanya.

0 Response to "Pembebanan Biaya Overhead Pabrik Atas Dasar Tarif"

Posting Komentar