Biaya Tenaga Kerja Standar

Biaya Tenaga Kerja Standar - Sama halnya dengan biaya bahan baku standar biaya tenaga kerja standar terdiri dari atas dua unsur yaitu : jam tenaga kerja standar dan tarif upah standar.

Untuk dapat menetukan jam tenaga kerja standar dibutuhkan beberapa syarat zebagai berikut : 
a. Tata letak pabrik (plant layout) yang efisien dengan peralatan yang modern sehingga dapat dilakukan produksi yang maksimum dengan biaya yang minimum. 
b. Pengembangan staf perencanaan produksi, routing, scheduling dan dispatching, agar supaya aliran proses produksi lancar, tanpa terjadi penundaan dan kesimpangsiuran. 
c. Pembelian bahan baku direncanakan dengan baik, sehingga tersedia pada saat dibutuhkan untuk produksi. 
d. Standardisasi kerja karyawan dan metode-metode kerja dengan instruksi-instruksi dan latihan yang cukup bagi karyawan, sehingga proses produksi dapat dilaksanakan dengan baik.


Biaya Tenaga Kerja Standar



Sedangkan Jam tenaga kerja standar dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut : 
1. Menghitung rata-rata jam kerja yang dikonsumsi dalam suatu pekerjaan dari kartu harga pokok (cost sheet) periode yang lalu. 
2. Membuat test run operasi produksi di bawah keadaan normal yang diharapkan 
3. Mengadakan penyelidikan gerak dan waktu dari berbagai kerja karyawan di bawah keadaan nyata yang diharapkan. 
4. Mengadakan taksiran yang wajar, yang didasarkan pada pengalaman dan pengetahuan operasi produksi dan produk. 

Jam tenaga kerja standar ditentukan dengan memperhitungkan kelonggaran waktu untuk istirahat, penundaan kerja yang tak bisa dihindari seperti menunggu bahan baku, reparasi dan pemeliharaan mesin serta faktor-faktor kelelahan kerja. Hal tersebut dikarenakan tidaklah mungkin seorang pekerja memiliki tingkat kecepatan yang sama dalam setiap menit selama 8 jam kerja.

Penentuan tarif upah standar memerlukan pengetahuan mengenai kegiatan yang dijalankan, tingkat kecepatan tenaga kerja yang diperlukan dan rata-rata tarif upah per jam yang diperkirakan akan dibayar.


Sebelumnya mengenai Biaya Bahan Baku Standar ini dapat menambah pemahaman anda tentang materi ini


Tarif upah standar dapat ditentukan atas dasar : 
1. Perjanjian atau kontrak dengan karyawan. 
2. Data upah di masa lalu yaitu dapat digunakan sebagai tarif upah standar adalah : rata-rata hitung, rata-rata tertimbang atau median dan upah karyawan masa lalu. 
3. Penghitungan tarif upah dalam keadaan operasi normal. 

0 Response to "Biaya Tenaga Kerja Standar"

Posting Komentar