Konsep Persamaan Akuntansi

Konsep Persamaan Akuntansi - Setiap kegiatan dalam perusahaan yang bersifat keuangan harus dicatat dan dilaporkan. Kegiatan-kegiatan tersebut tercermin dalam transaksi usaha (business transaction). Pencatatan transaksi usaha dalam akuntansi menggunakan konsep persamaan. Dengan konsep persamaan akuntansi dapat diketahui pengaruh suatu transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan. Untuk memudahkan kita dalam mengetahui pengaruh suatu transaksi, maka transaksi tersebut harus dikelompokkan ke dalam satu catatan transaksi yang sejenis disebut pos transaksi atau akun. Dalam materi berikut ini akan dijelaskan pencatatan transaksi usaha dengan menggunakan persamaan akuntansi serta jenis-jenis akun yang terdapat dalam persamaan akuntansi.


Konsep Persamaan Akuntansi

Pencatatan transaksi usaha yang terjadi dalam perusahaan dilakukan berdasarkan konsep persamaan akuntansi. Dengan konsep tersebut dapat diketahui pengaruh dari suatu transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan. Pada materi sebelumnya sepintas disebutkan bahwa ada kesamaan antara kekayaan dan sumber pembelanjaan. Kesamaan itu biasanya dinyatakan dalam suatu persamaan yang disebut persamaan akuntansi (accounting equation).

Konsep Persamaan Akuntansi

Kekayaan yang dimiliki perusahaan biasanya disebut aktiva atau harta (assets). Aktiva menunjukkan bentuk kekayaan yang dimiliki perusahaan yang diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi usaha tersebut di masa mendatang.

Adapun sumber pembelanjaan menunjukkan siapa yang membelanjai kekayaan tersebut. Sumber pembelanjaan dapat dibedakan menjadi dua yaitu dari kreditor dan pemilik. Bagi perusahaan, sumber pembelanjaan dari kreditor membawa akibat timbulnya kewajiban untuk mengembalikan.

Oleh karena itu sumber pembelanjaan dari kreditor disebut kewajiban atau utang. Sedangkan sumber pembelanjaan dari pemilik disebut modal. Dengan demikian persamaan akuntansi dapat pula ditulis sebagai berikut:

Konsep Persamaan Akuntansi 1


Persamaan akuntansi menunjukkan posisi keuangan perusahaan. Karena transaksi usaha akan memengaruhi posisi keuangan perusahaan, maka setiap transaksi usaha dapat dinyatakan dalam bentuk efeknya terhadap ketiga unsur dalam persamaan akuntansi. Efek terhadap unsur persamaan akuntansi dinyatakan dalam penambahan atau pengurangan dari unsurunsur tersebut.



Sekian mengenai Konsep Persamaan Akuntansi, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Konsep Persamaan Akuntansi"

Poskan Komentar