Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang (Weighted Average Cost Method) - Dalam metode ini harga pokok persediaan produk dalam proses awal ditambahkan kepada biaya produksi sekarang dan jumlahnya kemudian dibagi dengan unit ekuivalensi produk untuk mendapatkan harga pokok rata-rata tertimbang. Harga pokok rata-rata tertimbang ini kemudian digunakan untuk menentukan harga pokok produk jadi yang ditransfer ke departemen berikutnya atau ke gudang dengan cara mengalikannya dengan jumlah kuantitasnya. Contoh dalam metode ini adalah :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 2


Rumus untuk perhitungan harga pokok rata-rata tertimbang adalah sebagai berikut : 
Rumus Perhitungan Harga Pokok Per Unit Produk Departemen Pertama dengan Mengunakan Metode Harga Pokok Rata-Rata Tertimbang.

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 3


Maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 4


Berdasarkan perhitungan biaya per satuan produk Departemen 1 dalam maka dapat dihitung harga pokok produk selesai yang ditransfer oleh Departemen 1 ke departemen 2 dan harga pokok persediaan produk dalam proses di Departemen 1 pada akhir bulan Januari 2008 yaitu :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 5


Jika perhitungan tersebut di atas disajikan dalam bentuk laporan, maka laporan biaya produksi Dept 1 adalah :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 6


Harga pokok produk yang dihasilkan oleh departemen produksi setelah departemen produksi yang pertama merupakan harga pokok kumulatif, yaitu merupakan penjumlahan harga pokok dari departemen-departemen sebelumnya dengan biaya produksi yang ditambahkan dalam departemen yang bersangkutan. 


Sebelumnya mengenai Persediaan Produk Dalam Proses Awal ini dapat menambah pengetahuan anda

Dalam metode harga pokok rata-rata tertimbang, untuk menghitung harga pokok per satuan kumulatif produk yang dihasilkan departemen setelah departemen produksi pertama, perlu dihitung rata-rata harga pokok per satuan produk yang berasal dari departemen sebelumnya dan harga pokok rata-rata yang ditambahkan dalam departemen setelah departemen pertama yang bersangkutan. Rumus perhitungan kedua macam harga pokok per satuan tersebut adalah sebagai berikut :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 7


Berdasarkan rumus tersebut maka harga pokok kumulatif per satuan produk yang dihasilkan oleh Departemen 2 dapat dihitung sebagai berikut :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 8


Dari data harga pokok produksi per satuan maka perhitungan harga pokok produk jadi yang ditransfer ke gudang dan harga pokok persediaan produk dalam proses di Departemen 2 adalah sebagai berikut :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 9


Perhitungan tersebut di atas disajikan dalam Laporan Biaya Produksi Departemen 2 sebagai berikut :

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 10

Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang 11


0 Response to "Metode Harga Pokok Rata Rata Tertimbang"

Posting Komentar